BUPATI POPO ALI TINJAU PROGRES PENGERJAAN AKSES JALAN BANDING AGUNG – MEKAKAU – PULAI BERINGIN

oleh -413 Dilihat
MUARADUA.OKUPOS.Com – Jalan mempunyai peranan yang penting dalam pengembangan wilayah, yaitu untuk mengurangi disparitas/kesenjangan antar wilayah, pemerataan hasil-hasil pembangunan melalui distribusi barang/jasa, prasarana vital penunjang.
Semua aktivitas masyarakat serta pemantapan pertahanan dan keamanan nasional dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional.
.
Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang jalan, maka wewenang penyelenggaraan jalan dilaksanakan oleh Pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota).
.
Penyelenggaraan jalan disini meliputi kegiatan pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan jalan, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
.
a.  Pengaturan
.
Pengaturan jalan adalah kegiatan perumusan kebijakan perencanaan, penyusunan perencanaan umum, dan penyusunan peraturan perundang-undangan jalan.
.
b.  Pembinaan
.
Pembinaan jalan adalah kegiatan penyusunan pedoman dan standar teknis pelayanan, pemberdayaan sumber daya manusia, serta penelitian dan pengembangan jalan.
.
c.   Pembangunan
.
Pembangunan jalan adalah kegiatan pemrograman dan penganggaran, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, serta pengoperasian dan pemeliharaan jalan.
.
d.  Pengawasan
.
Pengawasan jalan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan tertib pengaturan, pembinaan, dan pembangunan jalan.
.
Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan jalan di Kabupaten OKU Selatan sangat penting mengingat kondisi jalan yang rusak berat di Kabupaten OKU Selatan yang pada tahun 2019 ini mengalami kenaikan yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi geografis pegunungan yang rawan bencana (mudah longsor), kendaraan angkutan yang over kapasitas dan meningkatnya frekuensi kendaraan besar, curah hujan yang tinggi, dan keterlambatan penanganan karena keterbatasan anggaran
.
Saat ini pemerintah Kabupaten OKU Selatan sedang melaksanakan pembangunan jalan Banding Agung, Mekakau dan Pulau Beringin.
.
Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Comm., meninjau progres pelebaran jalan dari Banding Agung – Mekakau – Pulau Beringin, Kamis (07/09/2023).
.
Dikatakannya, jalan ini merupakan suatu infrastruktur yang sangat mendukung berjalannya roda perekonomian masyarakat. Selain itu, jalan juga merupakan suatu akses yang menghubungkan antar wilayah di Kabupaten OKU Selatan.
.
Untuk itu, secara bertahap Pemkab OKU Selatan menganggarkan pembangunan infrastruktur jalan ini untuk membantu mempermudah aktivitas masyarakat. Terkhusus jalan yang saat ini ditinjau yaitu dari Kecamatan Banding Agung – Mekakau – Pulau Beringin.
“Semoga jalan-jalan yang pembangunannya sedang ataupun telah kita laksanakan ini akan menambah lancar perekonomian masyarakat,” katanya.
.
Bupati OKU Selatan dua periode ini juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada berbagai pihak yang sangat mendukung pembangunan di Kabupaten OKU Selatan.
.
Diketahui, pengerjaan jalan yang ditinjau tersebut meliputi jalan dari Kecamatan Banding Agung  sepanjang 600 meter dan pengaspalan sepanjang 1 kilometer, tambal sulam serta cor beton 3,5 kilometer di desa Sri Menanti yang bersumber dari DAK.
Ditambah peninjauan 10 titik penanganan tersebar di Desa Air Baru, Desa Sinar Marga, Desa Sukaraja dan Desa Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir serta di Desa Gunung Batu Kecamatan Pulau Beringin. ( Yuni )
BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

No More Posts Available.

No more pages to load.