PEMKAB OKU SELATAN GELAR SOSIALISASI PENYULUHAN KAMPUNG BEBAS NARKOBA  

oleh -357 Dilihat
MUARADUA.OKU POS.Com
Saat ini bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu dan keluarganya semakin meresahkan.
Bagai dua sisi mata uang narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.
.
Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski dampak narkoba sudah diketahui oleh banyak orang, tetap saja tidak mengurangi jumlah pemakainya.
.
Bahaya narkoba hingga menjadi kecanduan tersebut memang bisa disembuhkan, namun akan lebih baik jika berhenti menggunakannya sesegera mungkin atau tidak memakai sama sekali.
.
Untuk menghindari akan ketergantungan narkoba Pemerintah Kab OKU Selatan berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat Kabuoaten OKU Selatan terhindar dari zat yang berbahaya tersebut.
.
Pemkab OKU Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik OKU Selatan berkolaborasi dengan Satres Narkoba Polres OKU Selatan, melaksanakan Penyuluhan tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kampung Bebas Narkoba di Desa Karang Agung Kecamatan Simpang Kabupaten OKU Selatan, Rabu (06/09/2023).
.
Dalam sambutan Adi Gautama, selaku Kepala Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang, menyampaikan bahwasannya Desa Karang Agung terpilih menjadi pilot projects dalam kegiatan P4GN ini menjadi salah satu acuan pencegahan penyebaran Narkotika khususnya di setiap pintu masuk Kabupaten OKU Selatan.
.
“Kita sama-sama berharap dengan adanya kegiatan ini mampu mendorong seluruh elemen masyarakat di Kabupaten OKU Selatan menjadi generasi bebas narkoba”, ucapnya.
 
Selanjutnya, Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho, S.I.K., M.H., dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para pelajar yang hadir dalam penyuluhan P4GN hari ini untuk tetap menjaga diri agar tidak terlibat mengenal apalagi menggunakan Narkotika. Menurutnya, banyak anak-anak pelajar yang memiliki potensi dan kemampuan belajar yang sangat baik. Kapolres berkomitmen untuk turut membantu bagi pelajar yang ingin mendalami hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan narkotika.
Lebih lanjut, Listiyono berpesan kepada para pelajar untuk manfaatkan perkembangan teknologi saat ini dengan baik, dan habiskan lebih banyak waktu untuk belajar. Selain itu, Kapolres juga meminta dukungan kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam pelaksanaan P4GN Kampung Bebas Narkoba di Desa Karang Agung.
.
“Kami minta dukungan dan bantuannya sehingga kita bersama-sama memberikan rasa aman di Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.
.
Pada kesempatan yang sama, mewakili Bupati OKU Selatan, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten OKU Selatan, Verry Wijaya, S.Ip., menyampaikan bahwa penyuluhan Kampung Bebas Narkoba dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba serta dampaknya yang begitu kompleks. Hal tersebut dibutuhkan peran aktif dari Kades dan masyarakatnya agar tercipta lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.
Dilanjutkannya, ada empat indikator guna mewujudkan Kampung Bebas Narkoba yaitu, adanya sosialisasi bahaya narkoba, adanya regulasi yang mengatur pencanangan Desa Bebas Narkoba, melaksanakan test urine sebagai persyaratan masuk sekolah dan mendapat pekerjaan, serta membentuk satgas anti narkoba di desa-desa. Jika terlaksana, maka tidak akan ada celah bagi peredaran narkoba.
.
“Harapannya agar nantinya Desa Karang Agung Kecamatan Simpang menjadi acuan dan contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten OKU Selatan dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri,” tegasnya.
.
Kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kampung Bebas Narkoba di Desa Karang Agung Kecamatan Simpang diikuti oleh masyarakat dan para pelajar di Desa Karang Agung. Dilanjutkan dengan paparan materi sosialisasi dari 4 narasumber, dari Kasat Narkoba Polres OKU Selatan AKP Arfanol Amri, SH., dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota Meiko Pamungkas, dari Satpol PP OKU Selatan Asrullah, dan dari Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Selatan Doni Agusta, SKM., M.M.
Bertempat di Balai Desa Karang Agung Kecamatan Simpang, kegiatan ini turut dihadiri Kadin Kominfo, Kadinkes/yang mewakili, Kadin Nakertrans, Kadin Koperindag, Kadin PMPD, Kadinsos, Kadin SatPol PP, Kepala BKPSDM, Kadin PMPTSP, Kadisdik, Kadin Dukcapil, Kasat Narkoba Polres OKUS, Posbinda, Pasi Intel Kodim 0403 OKU, Kabag Hukum, Kabag Umum Kabag Tapem, Kabag Kesra, Kepala MUI Desa Karang Agung, Para Tokoh Masyarakat, serta Undangan Lainnya. ( Yuni )
BACA JUGA  Mengenal lebih Dekat Sosok Iwan Setiawan S,Ag,S,Sos,M,Si Sekwan DPRD Kab OKU

No More Posts Available.

No more pages to load.