Polres OKU Selatan Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2021

oleh -204 views
Muaradua.OKUPOS.Com — Kepolisian Resor (Polres) OKU Selatan pagi tadi menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Musi 2021. Apel Gelar pasukan tersebut di laksanakan di halaman Mapolres OKU Selatan, Rabu (5/05/2021), dipimpin Wakil Bupati Sholihien Abuasir, SP, M.Si.
Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi-2021. dalam hal ini mengusung tema” Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi-2021 Kita Tinggatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”.
.
Dalam pelaksanaannya kegiatan apel gelar pasukan dipimpin oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholihien Abuasir, SP, M.Si dan didampingi oleh Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, S.I.K, Pabung TNI 0403 OKU Mayor Czi Agus Supriyadi, Kajari OKU Selatan Kusri, SH dan Anggota DPRD Charles Minarko. Serta dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kesehatan OKU Selatan, Kepala Dinas Perhubungan OKU Selatan, Kasat Pol PP OKU Selatan, Senkom, Pejabat Utama Polres OKU Selatan dan Peserta Upacara
.
Dalam amanatnya Wakil Bupati OKU Selatan menyampaikan beberapa hal antara lain, Penekanan terhadap anggota kepolisian, satgas covid-19 dan instansi terkait agar melaksanakan tugas dengan mempedomani protokol kesehatan covid-19, terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan tujuan memutuskan mata rantai penularan virus covid-19.
.
Sudah adanya 3 varian jenis covid-19 yang masuk di indonesia yaitu virus covid-19 jenis b.1.17, b.1.617 dan b.1.351, mendirikan pos pengamanan dan pos penyekatan di daerah yang menjadi tempat keluar masuknya kendaraan dari daerah lain, melakukan penutupan terhadap tempat tempat wisata dan pembubaran tempat keramaian.
Dilain kesempatan Kapolres OKU Selatan menambahkan bahwa pelaksanaan operasi ini juga bertujuan untuk menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang aman dan tertib di tenggah situasi pandemi COVID-19.
.
“Operasi keselamatan merupakan operasi terpusat yang digelar serentak di seluruh jajaran Polri guna mewujudkan kamseltiibcarlantas yang aman dan tertib serta mencegah penyebaran virus covi 19 dengan melaksanakan penyekatan arus mudik lebaran Idul Fitri 1442 H,” Ujarnya.
.
Di masa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Ketupat Musi 2021” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 h/2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.
.
“Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini saya harapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya,” Tambahnya.
Beberapa hal yang perlu mendapat atensi kita bersama pada saat digelar Operasi Ketupat Musi 2021 ini, khususnya terkait warga masyarakat yang telah mudik mendahului dan pelaksanaan vaksinasi yang harus tetap berjalan. Substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah adalah mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, dimana setiap pelaksanaan libur panjang selalu terjadi peningkatan penyebaran Covid-19 yang cukup signifikan.
.
Kenyataan bahwa masyarakat telah melaksanakan mudik sebelum tanggal pelarangan, harus dilakukan langkah-langkah konkrit disetiap wilayah tujuan mudik misalnya dengan penerapan isolasi dalam jangka waktu tertentu dengan pengawasan.
.
Guna mengantisipasi hal tersebut, polres menggelar pelaksanaan operasi Ketupat-2021 dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 dimasa pandemi Covid-19.
“Siapkan mental dan fisik dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Cerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum ramadhan dan Idul Fitri 1442 H diseluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan serta berpotensi,” Tegas Zulkarnain. (Yuni)
BACA JUGA  Tragis, Satu Tusukan Tewaskan Office Boy Bank Sumsel