Wakil Bupati Ajak Masyarakat OKU Selatan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

oleh -539 views
Muaradua OKU POS Com – Media
Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan Media sosial.
Apabila kita dapat memafaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan, dan lain-lain. Tapi apabila kita yang dimanfaatkan oleh Media sosial baik secara langsung ataupun tidak langsung, tidak sedikit pula kerugian yang akan di dapat seperti kecanduan, sulit bergaul di dunia nyata, autis.
.
Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja.
.
Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda kehidupannya antara didunia nyata dengan dunia maya, hal ini terlihat terutama dalam jejaring sosial.
Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Sholehien Abuasir, SP., M.Si., mengingatkan agar masyarakat Kabupaten OKU Selatan khususnya pengguna media sosial untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosialnya. Hal ini menyusul kehadiran Virtual Police yang diharapkan dapat meminimalisir kesalahan para pengguna media sosial.
.
“Virtual police ini yaitu dengan cara berpatroli dan mengawasi konten-konten pada media sosial yang memiliki indikasi atau mengandung hoaks, hasutan (ke hal negatif), ujaran kebencian,” Ujar Wabup Sholehien saat menghadiri Launching Virutal Police di Mapolres OKU Selatan, Rabu (03/03/2021).
.
Dia juga mengapresiasi langkah Polres OKU Selatan yang menghadirkan Virtual Police untuk lebih mengawasi penggunaan media sosial. Melalui Virtual Police ini, diharapkan agar media sosial digunakan dengan baik dan dalam hal positif.
.
“Melalui ini juga dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak menebar konten-konten yang bersifat melanggar hukum pada media sosial,” Tambahnya.
.
Sementara itu, Kapolres OKU Selatan, AKBP Zurkarnain Harahap, S.I.K menyebut virtual Police ini sesuai dengan arahan Kapolri untuk segera mengaktifkan polisi virtual di setiap daerah. Di mana dalam hal ini Polres OKU Selatan segera mengadakan peresmian Launching Virtual Police sesuai arahan Kapolri tersebut.
.
Menurutnya, “Tujuan dibentuknya virtual police ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di media sosial, jika ada unggahan yang bisa dijerat dengan UU ITE. Dengan melibatkan influencer yang disukai masyarakat, sehingga proses edukasi dirasakan nyaman dan tidak menakut-nakuti, tetapi membuat masyarakat tertarik dan sadar serta memahami apa yang boleh dan tidak boleh,” Jelas Kapolres Zulkarnain.
“Terimakasih atas semua pihak baik pemerintah daerah yang telah mendukung peresmian Virtual Police di OKU Selatan,” Tandasnya. (Yuni)
BACA JUGA  Hijaukan Mapolres, Satlantas Polres OKU Selatan Tanam Ratusan Bibit Buah