Gotong Royong, Warga Dusun Triharjo Perbaiki Jalan Dengan Dana Swadaya

oleh -2.689 views

Batumarta.OKU POS.Com – Jalan merupakan urat nadi pertumbuhan perekonomian untuk kemajuan suatu daerah, dengan terciptanya akses jalan yang memadai maka kesempatan bagi masyarakat untuk maju dalam berniaga diberbagai bidang bisnis akan terbuka luas. Karena, baiknya buruknya akses suatu jalan tentu bakal berdampak bagi masyarakat setempat.

Seperti yang dilakukan warga masyarakat yang berada disepanjang jalan Dusun Triharjo, Desa Batumarta Unit 1, Kecamatan Lubukraja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. Yang mana kondisi jalan raya di Dusun ini cukup memperihatinkan dengan keadaanya yang rusak dan berlobang.

Sementara jalan tersebut merupakan urat nadi bagi masyarakat Dusun Triharjo untuk mengangkut dan memperlancar sarana tranportasi hasil perkebunan mereka. Dengan tidak tersentuhnya perbaikan untuk pembangunan jalan di Dusun tersebut, membuat masyarakat setempat kompak bergotong royong secara swadaya mengumpulkan dana untuk memperbaiki jalan di seputaran Dusun mereka.

BACA JUGA  Pelaku Sadis Penggorok Leher Warga Kisam Tinggi Berhasil di Tangkap

Menggunakan alat seadanya, tampak puluhan masyarakat Dusun Triharjo penuh kebersamaan menampal jalan yang panjangnya lebih kurang diperkirakan 1 Km. Hal ini dikarenakan jalan sudah sangat sulit untuk dilalui oleh kendaraan roda 4 maupun roda 2 yang sering melintas untuk mengangkut hasil perkebunan masyarakat.

Perbaikan jalan dikerjakan warga seusai sholat Tarawih, pada Senin malam (27/5/19). Yang mana warga di Dusun Triharjo 05 bersama warga Rt 01, baik tua maupun muda berjibaku bersama mengaduk pasir dan semen untuk mengecor jalan. Warga berharap dengan diperbaiki jalannya dapat lebih memperlancar tranportasi dan tidak mempersulit mengangkut hasil perkebunan.

BACA JUGA  Sekda Kabupaten OKU Selatan Pimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Perubahan

Selain akses jalan, warga juga merasa khawatir terhadap jembatan penghubung yang ada Di Dusun Triharjo. Begitupun gorong gorong yang seharusnya sudah diperbaiki kini malah didiamkan sehingga menyebabkan banjir jika turun hujan,

Sementara Nurul Huda selaku Ketua RT 01 Dusun Triharjo, terlihat merasa bangga dengan pemandangan kekompakan warganya. Yang mana semua warga tampak antusias bersama-sama secara wadaya dan bergotong royong memperbaiki jalan.

Begutu juga diungkapkan seorang warga bernama Tantok, selaku salah satu tokoh masyarakat setempat ia juga merasa bangga terhadap warga dan rekan-rekannya yang dengan sukarela memperbaiki jalan. “Semoga saja upaya swadaya dan gotong royong ini dapat berjalan dengan baik, dan selalu menjadi inspirasi bagi warga yang lain ,”ungkap Tantok. (RMW)